Sabtu, 23 Februari 2013

Danau Laut Tinggal Hiasan Hutan Hujan Tropis di Gunung Tuleh



Danau Laut Tinggal terletak di Jorong Sitabu, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh. Danau ini ditemukan berdasarkan ekspedisi yang dilakukan oleh dari peneliti dari Jerman yang bernama Dr. Renata Rabenstern dan Herwig Zahorka. Dimana mereka mengetahui dari pantauan satelit bahwa di bagian utara Provinsi Sumatera Barat terlihat ada danau yang belum terjamah.

Mereka melakukan ekspedisi selama 6 hari dari Nagari Rabi Jonggor menuju Danau ini. Selain peneliti tersebut, juga diikutkan masyarakat rabi jonggor sebanyak 18 orang sebagai penunjuk dan perintis jalur perjalanan di hutan. 

Peneliti tersebut menemukan sebuah danau yang indah, namun di danau itu tidak ada hewan ataupun ikan yang hidup di dalam air danau tersebut. Belum ada penelitian lebih lanjut apa yang menyebabkan tidak adanya hewan yang hidup di Danau ini.

Peneliti tersebut juga mendokumentasikan hasil penemuan mereka. Pemandangan yang hijau, indah dan asri di hiasi dengan hutan hujan tropis yang masih 'perawan'. Danau ini memiliki diameter 2 Km, berada pada ketinggian 1.940 meter di atas permukaan laut. Jarak menuju danau ini adalah 20 Km dari Sitabu.

Sumber : http://pasamanbaratkab.go.id

Tidak ada komentar: