Rabu, 29 Mei 2013

Ujuang Gadiang

"Jembatan Gantung"

Ujuang Gadiang adalah nama salah satu daerah yang berbentuk kenagrian dan terletak di Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Nagari Ujuang Gadiang merupakan pusat dari Kecamatan Lembah Melintang, serta Nagari ini juga lebih luas dan lebih padat penduduknya dari pada Nagari Simpang Ampek yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat. Bahasa sehari-hari masyarakat di nagari ini adalah bahasa melayu dan mandailing dan hampir seratus persen penduduknya beragama Islam. Dan kebanyakan penduduk yang menempati naari ini bersuku mandailing karena letak geografis nagari yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara. Ini lah yang membuat beragamnya bahasa dan adat budaya di wilayah nagari ini khususnya dan Kabupaten Pasaman Barat pada umumnya.

Sumber utama penghasilan masyarkat disini adalah Pertanian atau perkebunan dan Perdagangan. Disektor pertanian saat ini masyarakat lebih banyak mengandalkan hasil dari kelapa sawit, jagung, kakoa dan di daerah ini juga telah berdiri beberapa pabrik pengolahan CPO. Untuk sektor perdangangan di dearah ini sudah banyak juga toko-toko besar yang berdiri, terutama di daerah pusat pasar dari Nagari Ujuang Gadiang ini. Sektor ini juga merupakan salah satu sektor yang menjanjikan di sini, karena daya beli masyarakat untuk standar daerha kecil cukup tinggi, hal ini dapat dilihat dari selalau ramainya pembeli atau pengunjung setiap harinya dan terutama pada hari pasar, yaitu pada hari Senin. Pada hari ini pusat pasar nagari ujuang gadiang pasti akan penuh dengan manusia.

Di Nagari ini juga terdapat salah satu peninggalan Belanda, yang berupa sebuah Jembatan. Yang pada masyarakat ujuang gadiang di kenal dengan sebutan "Jumbaten Gantuang" atau Jembatan Gantung, tetap saat ini jembatan ini kondisinya sangan memprihatikan karena tidak lagi terawat dan sudah mulai termakan usia dimana kawat penyangganya mulai hilang satu per satu dan lantainya juga sudah tidak ada lagi. Memang beberapa tahun lalu pemerintah pernah memugar jembatan ini, tapi tidak ada perawatan selanjutnya sehingga jembatan ini kembali tidak dapat digunakan. 

Tapi, bagaimanapun kondisi nagari ini aku tetap bangga. karena disinilah aku dilahirkan dan dibesarkan oleh kedua orang tua ku. Dan disuatu saat nanti aku sangat berharapa dapat melakukan suatu yang sangat bermanfaat bagi tanah kelahiran ku ini, UJUANG GADIANG.....


Download Button
Ini adalah link Download MP3 yang berjudul Jumbatan Gantung, lagu yang menceritakan kondisi Jumbatan Gantuang yang terdapat di nagari ini,,,, :)

2 komentar:

Taufik mengatakan...

Wikh..
lebih ngeri daripada jembatan gantung yg dekat kontrakanmu ya bro. hahaha

Afrinal ladfian mengatakan...

ya,,,,
gitulah, lw jembatan yg ini aku gak beranilah lewat, alny dah gak da lantainya...
heheheheeee