Rabu, 06 Maret 2013

Dilibas Bakrie, Rothschild Batal Masuk Daftar Orang Terkaya


JAKARTA - Masih ingat dengan musuh besar Bakrie, Nat Rothschild? Apakah Anda tidak merasa aneh, lantaran tidak ada satu pun keluarga Rothschild yang masuk daftar orang terkaya di dunia versiForbes.

Dalam ulasannya, Forbes menyebutkan, Nat Rothschild sebenarnya masuk dalam 1.426 nama yang masuk dalam daftar orang terkaya 2013 versi Forbes.

"Sebelumnya kami memasukan Nat pada daftar kami. Tapi, itu sebelum ia jatuh setelah masalah di Indonesia terjadi," demikian seperti dikutip dalam ulasan Forbes, Rabu (6/3/2013).

Keluarga Rothschild merupakan sebuah dinasti bankir Yahudi-Jerman di Eropa yang mendirikan berbagai bank dan institusi keuangan Eropa pada akhir abad ke-18. Selama tahun 1800-an, pada masa puncaknya, keluarga ini diyakini memiliki kekayaan pribadi terbesar di dunia sekaligus kekayaan terbesar dalam sejarah dunia modern. Walau begitu, Kekayaan keluarga ini diduga mulai menurun, karena terbagi-bagi ke ratusan keturunannya.

Seperti dikutip Wikipedia, bisnis Rothschild sekarang ini berada pada skala yang lebih kecil ketimbang pada abad ke-19, meski mereka masih bergerak di berbagai bidang, seperti tambang, bank, energi, pertanian campuran, ladang anggur, dan yayasan amal.

Forbes menyatakan, sekira satu dekade lalu, pihaknya memasukan daftar Keluarga Rothschild ke dalam urutan orang terkaya di dunia. Tapi sekarang, Forbes mengaku memfokuskan diri untuk menghitung kekayaan individu.

"Kami pikir itu lebih adil, lebih apple to apple untuk membandingkan kekayaan satu individu dengan individu lainnya ketimbang dibandingkan antara satu individu dengan satu keluarga yang terdiri dari 20 individu," jelas dia.

Sebelumnya, Nat Rothschild memang tengah berselisih dengan Grup Bakrie. Hal ini terkait dengan sejumlah masalah yang terjadi di perusahaannya di London, Bumi Plc. Hasilnya dari kisruh ini, harga saham Bumi Plc anjlok sampai lebih dari 80 persen.

Pada RUPS 21 Februari lalu, Nat telah dikalahkan Grup Bakrie dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) di London. dalam RUPS ini, dia mengajukan perombakan 12 dari 14 direksi Bumi Plc.

Kekalahannya dalam RUPS, kata dia, akibat transaksi sebelas jam yang dilakukan kubu Bakrie pada pekan ini yang menyelamatkan dewan direksi. Padahal, dia berpendapat, Bakrie tidak akan mendapatkan dukungan lebih dari 20 persen. PT Recapital Advisors dan PT Bukit Mutiara (Grup Recapital) menjual 24,20 juta unit atau setara 13,1 persen saham Bumi Plc kepada tiga pihak.

Pertama, Avenue Luxemburg SARL, yang membeli 13,67 juta unit atau sekira 7,4 persen saham Bumi Plc. Kedua, Flaming Luck Investment Ltd, yang dikendalikan keluarga Hary Tanoesoedibjo, membeli tiga juta saham Bumi Plc (1,7 persen). Ketiga, Argyle Street Management Limited, yang membeli 7,54 juta saham (empat persen). (wdi

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2013/03/06/213/772045/dilibas-bakrie-rothschild-batal-masuk-daftar-orang-terkaya

Tidak ada komentar: